script writing

script writing

POWER SUPPLY

1. opening

#background putih dan tulisan "power supply" di tengah.
#kemudian dianda kumala memberi penjelasan tentang power supply :

"saya akan menjelaskan tentang pengertian power supply, power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyupply tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan. misalnya motherboard, heatsink, kipas, dll. input power supply berupa arus bolak balik atau AC sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC atau arus searah. karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC."

2. jenis-jenis power supply

#background putih dan tulisan "jenis-jenis PSU" di tengah.
#kemudian berganti dengan gambar power supply jenis AT, dan dianda kumala menjelaskan :

"power supply jenis AT. power supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard untuk bisa menjadi 2 konektor power, T8 dan T9. kabel yang berwarna hitam dari konektor T8 dan T9 harus bertemu ditengah jika disatukan. pada power supply jenis AT ini, tombol ON atau OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. untuk menghidupkan dan mematikan komputer, kita harus menekan tombol power yang berada pada depan casing. power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium 2. pada era pentium 3 keatas hingga sekarang, tidak ada komputer yang menggunakan power supply jenis AT."

#kemudian berganti lagi dengan gambar power supply jenis ATX, dan dianda kumala menjelaskan :

"yang kedua adalah power supply jenis ATX. power supply ATX atau Advance Technology Xtended, adalah power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. perbedaan yang mendasar pada power supply jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya. jika power supply AT menggunakan switch, dan ATX menggunakan tombol untuk mengirimkan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard."

3. spesifikasi PSU

#background putih, dan tulisan "spesifikasi PSU" di tengah.
#kemudian berganti dengan video (lab orkom-CPU-dianda kumala).

^^dianda kumala berdiri di sebelah meja yang terdapat CPU di atasnya.
sambil menjelaskan, tangan kiri dianda diletakkan diatas CPU, dan sesekali melirik ke kamera.

dialog:
"biasanya power supply udah bawaan dari casingnya, jadi tiap anda membeli casing CPU, anda akan mendapatkan power supply nya sekaligus. disini saya punya contoh komputer IBM dan power supply bawaannya dengan DC output nya adalah 230 watt.

^^posisi CPU berubah, dengan power supply menghadap ke kamera.
dianda menghadap ke kamera sambil menjelaskan.

dialog:
"kita akan mengecek apakah power supply ini berfungsi dengan baik atau tidak. caranya adalah dengan memasang kabel power ke power supply dari listrik, dan pastikan kontak listrik mati. apabila power supply berfungsi dengan baik, maka lampu hijau akan hidup dan kipas akan berputar."

#kemudian berganti dengan background putih dan tulisan "cara untuk mengetahui apakah power supply rusak atau tidak" di tengah.
#dan berganti lagi dengan video (lab orkom-PSU-dianda)

^^PSU di atas meja dan telah terhubung ke listrik. kemudian dianda memegang pinset sambil menjelaskan.

dialog :
"saya akan menjelaskan cara untuk mengetahui apakah power supply ini rusak atau tidak. saya menggunakan power supply model ATX 300 watt, ysng telah terhubung ke listrik. kemudian pastikan agar kabel-kabel komputer tidak terhubung ke komponen komputer lainnya. saya menggunakan pinset, dan dilapisi kertas untuk alasan keamanan untuk alas tangan agar tidak tersentuh langsung dengan pinsetnya. kemudian pada konektor ini, ini adalah konektor 20 pin, dimana pin nya di mulai dari 1 di bagian bawah kiri hingga 10 di bagian kanan bawah, dan 11 sampai 20 mulai dari kiri atas hingga ke kanan atas. untuk mengetahui power supply ini berfungsi atau tidak, kita harus memasukkan pinset ini ke pin nomor 14 dan 13. 14 biasanya berwarna hijau, dan 13 berwarna hitam. apabila power supply ini berfungsi dengan baik, maka kipasnya akan berputar. hal ini menandakan bahwa power supply berfungsi dengan baik."

#kemudian berganti dengan background putih dan tulisan "sebaiknya membeli power supply sesuai dengan kebutuhan daya yang akan digunakan. untuk mengetahui kebutuhan tersebut, agar lebih jelasnya silahkan kunjungi : http://www.extreme.outervision.com/psucalculatorlite.jsp"

#selesai dan berganti dengan background putih dan tulisan "sekian".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar